3D Blender Realistic Water menggunakan Fluid Sim dan YafRay

           Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalt  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.  Kelebihan yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan  program tambahan  lainnya,  Karena  Blender  sudah  memiliki  Game  Engine  sendiri  dan menggunakan  Python  sebagai  bahasa  pemograman  yang  lebih  mudah  ketimbang menggunakan C++,C, dll. Blender menggunakan OpenGL  sebagai  render  grafiknya  yang  dapat  digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Saat ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.

Blender 2.49 memiliki fitur baru seperti:

1. Video Texture
2. Real-time GLSL
3. Material
4. Game Logic
5. Bullet SoftBody
6. Python Editor
7.Multilayer Textures
8. Physics
9. Render Baking dan Normal Mappingdan lain – lain.





Blender merupakan  suatu  software  untuk  membuat  suatu  grafik  3D  dari  pembuatanobjek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D.

Keunggulan Blender 3D:

1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. Tool  untuk membuat  objek  3D  yang  lengkap meliputi modeling,  UV mapping,
texturing,  rigging,  skinning,  animasi,  particle  dan  simulasi  lainnya,  scripting,
rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun
dan sistem operasi yang lainnya.
4. Kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih
cepat dan efisien.
5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
6. File Berukuran kecil.
7. Free (gratis).




Adapun keunggulan Interface pada Blender secara umum adalah sebagai berikut :

1.Revolusioner  yang  tidak  tumpang  tindih  dan  non-blocking  UI memberikan  alur kerja tak tertandingi
2. Fleksibel  dan  bisa  diatur  tata  letak  jendela  dengan  layar  setup  sebanyak  yang Anda suka
dengan dukungan terjemahan internasional
3. Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva editor, NLA, tampilan 3D dll)

Kali ini saya akan membuat model alir realistis menggunakan metode fluid modelling pada aplikasi blender 3D. Menggunakan Simulator Cairan dan YafRay untuk menciptakan realistis air mencari

       Tutorial ini akan ( mudah-mudahan ) berhasil memandu Anda melalui penciptaan semi- realistis melihat air menggunakan Simulator Cairan di Blender , maka render di YafRay .
Ketika Anda pertama kali blender terbuka akan ada apa-apa kecuali sebuah kubus kosong .
Pastikan Anda berada dalam mode objek , dan skala kubus sampai sekitar 5 . Lakukan ini dengan menekan S di 3d melihat dan memegang ctrl , gerakkan mouse anda sampai nomor di kiri bawah layar adalah 5 . Atau pilih objek dan tekan S kemudian 5 .



Selanjutnya, pada viewport kotak shading pilih wireframe . Hal ini memungkinkan Anda melihat melalui kubus .


 Kita sekarang akan mengaktifkan kubus untuk Simulasi Fluid . Dengan kubus masih dipilih dalam mode objek, tekan F7 ( tombol object ) dan kemudian tekan tombol " Tombol Fisika " .


 Anda akan melihat tab berlabel " Simulasi Fluid " tekan Aktifkan dan kemudian Domain . Setelah menekan beberapa tombol Domain akan muncul , ini akan digunakan kemudian .


        Pastikan Anda berada dalam tampilan atas sekarang , jika tidak hanya menekan NUMPAD7 . Berikutnya tekan space > Add > Mesh > Cylinder . 32 simpul ok .
Sekarang klik tengah dan seret di 3d tampilan untuk melihat silinder di dalam kotak indah Anda . ( yay! ) Apa yang akan terjadi adalah silinder akan berubah menjadi cairan , dan kotak besar adalah di mana cairan dapat mengalir tentang . ( itu adalah " dinding yang tak terlihat " )
Pindahkan silinder ke sudut kubus , Anda dapat memberikan beberapa ketinggian jika Anda suka. Sekarang dengan silinder masih dipilih tekan Shift - D untuk menduplikasi itu . Pindahkan silinder baru ke sudut yang berlawanan .


      Pada kedua silinder pergi sim cairan . tab dan tekan Aktifkan kemudian Fluid . Ini memberitahu blender bahwa silinder ini adalah cairan .
PENTING ! Setelah ini , Anda harus SubSurf kedua silinder , tetapi tidak menerapkannya . Sebaliknya , ketika silinder menunjukkan preview SUbSurf , klik " X " di kanan atas preferensi SUbSurf .
(catatan noobie : Aku tidak tahu apa langkah di atas untuk menambahkan SUbSurf kemudian klik " X " dihapus . )
Beralih ke Obyek mode kemudian klik kanan pada kotak besar ( domain ) dan tekan tombol BAKE besar . Sebuah kotak kecil akan muncul dan klik pada pilihan yang paling atas .
Sekarang Anda akan melihat gumpalan hal looking muncul dalam silinder , dan akan jatuh ke tanah dan percikan di sekitar . Komputer Anda " kue " cairan . ( Menghitung mana ia harus pergi )


        Seperti yang Anda lihat sekarang , cairan sangat tidak realistis mencari . Jika Anda render , Anda akan melihat . Anda juga akan melihat bahwa silinder yang muncul dalam gambar . Hal ini tidak diinginkan , sehingga dengan kedua silinder yang dipilih , tekan M kemudian klik pada salah satu kotak kecil yang belum ditekan . Ini memindahkannya ke lapisan lain .
Sekarang kita akan memindahkan kamera ke posisi yang berbeda untuk tampilan yang lebih baik . Pindahkan viewport sekitar sampai itu di mana Anda pikir akan memberikan pandangan yang terbaik dan tekan SHIFT - NUM0 untuk membuat kamera sesuai dengan pandangan Anda saat ini .
Tarik kamera yang baru ditempatkan kembali sedikit , sehingga ketika NUMPAD0 ditekan sebagian besar adegan dalam tampilan . Anda seharusnya sudah memiliki sesuatu yang tampak seperti ini:


        Sekarang kita akan rebake air pada resolusi yang lebih tinggi untuk hasil yang lebih rinci . Pilih goo mencari mesh, ( kedua gumpalan harus berubah ungu jika salah diklik ) dan pergi tab simulasi cairan lagi. Putar resolusi hingga sekitar 100 ( atau apa pun yang Anda inginkan) ini rebakes cairan untuk lebih detail . Jika Anda mengaktifkan pratinjau jala terlalu , Anda akan melihat lebih rinci sebelum rendering. Baking sekarang bisa memakan waktu cukup lama .
Setelah kue yang dilakukan , Anda siap untuk mengubah materi air untuk sesuatu yang lebih baik looking .
Pertama mengubah penyaji untuk YafRay . Tekan F10 kemudian di bawah Render tombol besar pilih YafRay . Pastikan YafRay diinstal pertama , opsi tersebut masih muncul jika Anda tidak .
Mengubah latar belakang putih dengan menekan F5 kemudian klik pada kotak yang memiliki tombol dunia muncul ketika kursor melayang di atas itu .
Anda akan melihat HoR , babi , dan HoB . Mengubah ini semua jalan ke salah satu . Preview harus menjadi putih .
Sekarang pergi ke tombol material ( bola merah) dan membuat segalanya terlihat seperti berikut : ( . Saya pikir saya lingkari semua pilihan berubah , tapi mungkin tidak )


Setelah ini selesai melihat melalui frame dengan menekan panah kanan , menemukan satu yang terlihat keren kemudian tekan membuat dan Anda mungkin mendapatkan sesuatu seperti ini :












Search

About Me

My photo
Cilegon // Depok, Banten // Jawa Barat, Indonesia

Viewers

Powered By Blogger

LOGO

LOGO

Followers

Powered by Blogger.